Operator telekomunikasi PT XL Axiata, Tbk, melaporkan kinerja semester pertama 2011 dengan pendapatan usaha meningkat sebesar 8% menjadi Rp 9,1 triliun.
Kenaikan pendapatan usaha ditopang oleh pertumbuhan pendapatan layanan data sebesar 47%, dan dan norma lisasi laba bersih sebesar Rp 1,6 triliun.
Sementara EBITDA mencapai Rp 4,8 triliun naik 7%, dan EBITDA margin stabil di level 52 persen pada akhir Juni 2011. Selain itu jumlah pelanggan bertambah sebesar 10 persen dari 35,2 juta di Juni 2010 menjadi 38, 9 juta di Juni 2011.
Peningkatan pendapatan kami terutama dari pendapatan layanan data, yang meningkat sebesar 47 persen dan memberi kontribusi 21 persen terhadap total pendapatan pemakaian pelanggan kami, kata Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi, Jumat (29/7/2011) di Jakarta.
Hasnul mengatakan, ada potensi besar di bisnis layanan data terkait perubahan perilaku pelanggan dari penggunaan layanan tradisional (layanan percakapan dan SMS) menuju layanan data sehingga di masa mendatang , kami akan lebih fokus dalam mengembangkan bisnis layanan data dengan cara memperkuat departemen kami secara keseluruhan.
Selama 12 bulan terakhir, Excelcomindo juga t elah menambah BTS sebanyak 4.084 BTS (2G/3G) di seluruh Indonesia, dimana 1.220 merupakan 3G BTS ( 3G BTS meningkat sebesar 53% dari 2.301 BTS Jun10 menjadi 3.521 BTS Jun11). Total BTS (2G/3G) kami pada akhir Jun11 berjumlah 24.971 BTS.
Kami telah memutuskan untuk mempercepat penambahan infrastruktur jaringan untuk layanan data dengan pertimbangan semakin meningkatnya pengguna ponsel 3G di pasar dan juga trafik 3G yang dihasilkan. Belanja modal tunai kami akan mencapai sekitar Rp 6 triliun dimana lebih dari separuhnya akan dialokasikan untuk layanan data, kata Hasnul.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar